2013/02/05

Selamatan Desa & Ritual Ojhung di Desa Bugeman

Setiap meneyelenggarakan ruwatan atau selamatan desa di desa Bugeman, Kecamatan Kendit, desa tersebut selalu tidak lupa menyelenggarakan ritual tradisional "Ojhung" yang tujuannya adalah agar desa Bugeman tidak didatangi bencana dan malapetaka.
Untuk itulah, para aparat desa Bugeman khusus Kepala desa (Kades) selalu menginstruksikannya kepada aparat bawahannya agar selalu mengadakan ruwatan desa yang diikuti dengan ritual ojhung.
Bertempat di sebelah barat Balai Desa Bugeman, Selasa (5/2) telah diadakan selamatan desa dengan pertunjukan ojhung yang dihadiri oleh sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten  (Pemkab) Situbondo termasuk Wakil Bupati (Wabup), Drs. H Rahmad.

"Rituan ojhung selalu diadakan rutin setiap tahun agar desa Bugeman ini aman dan dijauhi dari malapetaka bencana alam maupun bencana yang datangnya dari manusia itu sendiri. Dan rituan ojhung ini harus ditempatkan di selatan jalan, karena kalau sampai melanggar artinya ojhung jika ritual ojhung ditempatkan di utara jalan, malapetaka langsung datang seperti sering terjadi perkelahian dan lain-lain," ujar Kepala Desa Bugeman kepada media ini, Selasa, (5/2). (ans)

ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق