2013/02/14

Kades Gebangan Damping TKW Lapor Disnakertrans




Kades Gebangan Dampingi Keluarga TKW Lapor Disnaker
Situbondo. Seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW), Sumiyati (35) warga desa Gebangan kecamatan Kapongan diduga disandera majikanya di Malysia. Keluarga pun bersama kepala desa Gebangan, Aditya Widiajanto pun melapor ke kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Pemkab Situbondo.
          Dalam laporannya tersebut, keluarga mennceritakan jika Sumiyati meninggalkan keluarga sejak 4 tahun silam. Tanpa ada alasan yang jelas, kepergian sumiyati pun tiba-tiba berada di Malyasia bekerja untuk mengadu nasib. Namun, belakangan ini Sumiyati dalam keadaan sakit dan tidak bisa berjalan sempurna.
          Sumiyati member kabar kepada keluarga jika dirinya tidak diperkenankan pulang ke tanah air tanpa alasan jelas. Sebenarnya, Suniyati hendak pulang pada bulan September 2012 lalu, namun hingga kini majikanya masih menahanya. Diduga Suniyati menjadi disandera majikan” kami melapor disini minta banytuan disnaker agar sumiyati bisa dipulangkan segera. Karena kahwatir disandera majikan” ujar Kades Gebangan, Aditya Widjayanto kepada wartawan Kamis (14/2)
          Dengan diketahui disnaker sebagai instansi berwenang, kata Kades gebangan, diharapkan Sumiyati bis akembali ke kampong halaman dengan selamat. Paslanya, setelah dilakukan pemeriksaan data di disnaker ternyata sumiyati tidak tercatat sebagai TKI legal” sampai saat ini keluarga tidak pernah diberi tahu alamat sumiyati di Malaysia, mungkin sang majikan takut ditangkap polisi karena ternyata sumiyati tkw illegal” terang Kades Gebangan berkumis tebal itu.
         Menurut suwarsih adik korban  kakaknya sudah empat tahun bekerja sebagai pembantu rumah tangga di Malaysia. Sumiyati setelah bercerai dengan suaminya dan dikarunia satu anak perempuan langsung memilih menjadi TKI di Malyasia” katanya sumiyati mau pulang minggu depan, tapi kami khawatir itu hanya janji-janji majikan saja” kami berharap disnaker membantu kami’ ujar Suwarsih. 
      Kabid tenaga kerja indonesia disnakertran  Yogie Sudharma  menyatakan tidak ada data tercatat di daftar tki di Malaysia asal situbondo atas nama sumiyati/karena keberangkatannya ke negeri jiran secara illegal. Sumiyati bisa keluar dari malaysia/ dengan menggunakan paspor tending yaitu paspor yang hanya bisa digunakan untuk keluar dari negeri jiran” karene jalurnya illegal, pasti majikan juga sembunyi-sembuyi kalaupun dipulangkan menggunakan pasor tending atau deportasi” ujar Yogie.(tim)

ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق