2013/04/28

Oknum Dokter Spesialis di Duga  Pungli pasien Jamkesmas


Situbondo  -FOKWAS ; Berbagai Pungutan Liar (pungli) di lakukan oknum dokter  makin meraja lela. Seperti sebelumnya praktik pungutan liar kepada pasien kembali terjadi di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdoerrahem Situbondo . Bahkan, di duga pungutan liar itu diduga dilakukan oleh oknum dokter spesialis kandungan dokter Achsin.

Tanpa sepengetahuan manajemen rumah sakit, dokter Achsin menarik uang kepada pasien Jamkesmas  sebesar Rp 2,5 juta. Alasanya untuk biaya operasi. korbannya, Yuliati  (27) warga Sumber kolak kecamatan Panarukan. Kondisi ibu dua anak itu tak sadarkan diri selama beberapa hari  setelah di pulangkan dari rumah sakit. Mengingat anak laki-laki yang di lahirkannya meninggal.

Menurut penuturan suami Juliyati, Sutaryono (45) kepada koran fokwas one line uang Rp 2,5 juta tersebut di bayarkan loket pembayaran namun penjaga loket itu menyarankan kepada Sutaryono bahwa uang agar di berikan langsung kepada dokter Achsin ke tempat prakteknya tanjung sari yang ada di jalan Ahmad Yani. Tapi entah kenapa selang tiga hari kemudian uang 2,5 juta itu di kebalikan oleh dokter Achsin melalui orang yang tak di kenal, di kabarkan orang misterius tersebut suruhan dari dokter spesialis itu.

Saya membayar uang Rp 2.5 Juta itu kepada dokter Achsin ke tempat prakteknya di jalan Ahmad yani” kata Sutaryono Senin (22/4) sore di rumahnya.

Tak hanya Juliyati yang menjadi korban praktik pungli dokter Achsin, hal itu juga menimpa pada seoorang pasien Jamkesmas, Saniati ( 43) warga desa Tribungan kecamatan Mangaran  Situbondo. Di ungkapkan oleh salah satu kerabat Saniati, pada tanggal 17 April 2013 pukul 13 : 00 wib Saniati  di rujuk kerumah sakit dr.Abdoerrahem Situbondo.  Selama tiga hari Saniati di rawat di rumah sakit itu karena mengalami tumor pada kandungannya.

Ketika menjalani perawatan kerabat dari keluarga pasien itu mengaku  di tarik biaya Rp 2 juta rupiah oleh oknum rumah sakit Bu Hayyin(45) selaku bidan bersalin di rumah sakit itu namun, penarikan biaya tersebut di duga  di latar belakangi juga oleh dokter Achsin  padahal, keluarga Saniati sudah jelas –jelas  mempunyai kartu Jamkesmas.

Ironisnya uang pungli itu di kembalikan oleh pihak rumah sakit ketika salah satu keluarga Saniati meminta uang itu kembali, sementara  kondisi Saniati justru memburuk setelah dirawat di rumah sakit itu.

"Awalnya saya juga terkejut dengan biaya yang di minta oleh pihak rumah sakit katanya biaya itu di minta oleh dokter Achsin melaui tangan Bu Hayyin, tapi saya meminta uangnya di kembalikan  “ kata salah satu keluarga Saniati, saatdi temui di rumah sakit  Kamis (25/4) sore.

Permasalah itu telah menjadi buah bibir warga setempat. Banyak yang beranggapan bahwa kejadian itu merupakan unsur kesengajaan. Masih banyak keluarga pasien yang ditarik uang tidak resmi oleh dokter Achsin.

Sementara mengingat banyak persoalan yang terjadi di lingkup rumah sakit dr. Abdoerrahem itu, Direktur RSUD Situbondo Dokter Toni dan pihak Dinas Kesehatan Situbondo terkesan cuek dengan persolan tersebut.(Tim).


Tempat praktek DR. AKCHIN.jpg.JPG

ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق